Mengenal Rencana Anggaran Biaya Bangunan atau RAB

Rencana anggaran biaya bangunan atau RAB merupakan bagian terpeting dalam sebuah proyek pembangunan fisik konstruksi. Pembangunan fisik konstruksi dapat digolongkan berdasarkan jenis dan fungsi bangunan, diantaranya bangunan gedung, jembatan, jalan raya, stasiun dan jalan kereta api, galangan kapal, bandara, monumen, pembangkit tenaga listrik, bendungan/waduk dan sebagainya.

RAB bangunan sebuah proyek pembangunan merupakan gambaran total nilai biaya yang diperlukan untuk mewujudkan sebuah rencana pembangunan tersebut. Untuk mendapatkan gambaran nilai RAB bangunan yang diperlukan diperlukan dokumen lain yaitu gambar teknis yang lengkap yang menggambarkan keseluruhan bangunan yang akan dilaksanakan pembangunannya.

Yang biasa mengerjakan pekerjaan penyusunan RAB bangunan adalah konsultan perencana konstruksi yang memiliki kualifikasi dan bidangnya masing-masing. Konsultan perencana konstruksi dimaksud adalah konsultan perencana sebagai badan hukum yang memiliki perijinan dengan kualifikasi dan lingkup pekerjaan tertentu. Sebuah konsultan perencana yang ditunjuk oleh suatu instansi untuk mengerjakan pekerjaan perencanaan dilakukan melalui proses sesuai dengan aturan pengadaan jasa konstruksi pemerintah.

Pekerjaan menyusun RAB pembanguan suatu proyek merupakan sebagian tugas yang harus dilakukan oleh konsultan perencana. Secara keseluruhan tugas konsultan perencana konstruksi dalam sebuah proyek pembangunan adalah membuat paket dokumen perencanaan yang terdiri dari pekerjaan : pembuatan gambar teknis atau gambar perencanaan, penyusunan RAB berdasarkan gambar teknis yang sudah dibuat, membuat rencana kerja dan persyaratan (RKS), dan tugas lainnya yang berhubungan dengan proses pemilihan kontraktor pelaksana dan pemilihan konsultan pengawas pelaksanaan pekerjaan.

Bagaiman dengan RAB bangunan rumah tinggal? Apakah prosesnya perlu seperti proyek besar? Untuk bangunan rumah tinggal mewah yang bernilai milyaran rupiah tentu saja harus dilakukan seperti di atas, tapi kalau untuk bangunan rumah tinggal biasa, saya kira tidak perlu, sebab bisa jadi biaya untuk membangun akan terambil untuk baiaya-biaya perencanaan.

Untuk bangunan rumah tinggal yang nilainya kecil, Anda bisa menggunakan gambar-gambar gratisan yang bisa diakses di internet dan bisa Anda temukan dengan mencarinya di halaman pencarian situs Google dengan mengetik kata kunci sesuai keinginan, maka di sana akan Anda temukan ratusan hingga ribuan gambar. Sedagkan untuk membuat RAB rumah,  Anda bisa menghitung sendiri dengan menggunakan cara-cara yang bisa Anda cari di internet juga, seperti misalnya di sini. Pada dasarnya Anda sebelum membangun rumah itu harus punya gambar rencana sesuai keinginan, dan mengetahui biaya yang diperlukan sebagai dasar dan pedoman untuk menunjuk pihak lain untuk melaksanakan pembangunan, sehingga hasilnya dapat memuaskan sesuai rencana Anda sehingga tidak ada atau sedikit penyimpangan yang dilakukan oleh pelaksana pekerjaan.

Itulah mengenai pentingnya rencana anggaran biaya bangunan atau RAB dalam sebuah proyek pembangunan, bahkan termasuk pembangunan rumah tinggal. Semoga apa yang saya sampaikan di atas ada manfaatnya untuk Anda.



Entri Populer