AutoCad - Software Untuk Menggambar 2D dan 3D

AutoCad merupakan software Gambar 2D dan 3D yang sangat populer dan terkenal di dunia. Di dunia property, AutoCad banyak digunakan oleh para arsitek di seluruh dunia untuk menggambar desain arsitektur dan perencanaan bangunan, seperti bangunan gedung, bangunan jalan dan jembatan, bangunan air, bangunan rumah tinggal, rumah dinas, dan sebagainya. Penggunaan lainnya selain dunia arsitektur, diantaranya untuk desainer mesin, desainer pemetaan tanah, desainer interior, dan desainer bidang lainnya.

AutoCad - software gambar 2D dan 3D
Sebelum ada software AutoCad, para arsitek dalam mengerjakan pekerjaan desain arsitektur dan perencanaan bangunan menggunakan cara manual. Gambar yang dihasilkan software AutoCad adalah gambar dengan format .DWG sebagai format aslinya. Selain format .DWG, juga bisa menghasilkan gambar dengan format image .PNG dan .JPG melalui fasilitas plot to images. Untuk menjalankan AutoCad harus menggunakan sistem operasi (OS) berbasis Microsoft.

Spesifikasi Software AutoCad
AutoCad versi sederhana (AutoCAD LT) merupakan versi yang kemampuannya hanya untuk membuat gambar 2 dimensi atau 2D, dalam gambar arsitektur sangat penting untuk mebuat gambar-gambar, seperti gambar denah, gambar potongan, gambar tampak, dan gambar detail. Gambar-gambar tersebut dikenal sebagai gambar perencanaan atau gambar teknis yang sangat berguna untuk pembangunan proyek-proyek fisik. Sedangkan AutoCad versi lengkap bisa digunakan selain untuk membuat gambar 2D, juga untuk membuat
gambar 3D.

Seperti telah disinggung di atas, bahwa AutoCad merupakan software gambar yang sangat populer sampai saat ini, dan banyak digunakan oleh para desainer gambar di dunia. Di Indonesia, para arsitek mulai ramai menggunakan AutoCad sejak awal tahun 2000-an sejalan dengan perkembangan teknologi komputer saat itu, sebab untuk menjalankan software AutoCad memerlukan komputer yang memiliki kapasitas prosessor yang besar, sedangkan sebelum tahun 2000 komputer di Indonesia kapasitas prosessor masih kecil, dan hanya orang-orang tertentu saja yang mampu membeli komputer yang berkemampuan tinggi dengan ara membeli ke luar negeri.

Versi AutoCad
Versi Software AutoCad yang selama ini dikenal dan banyak digunakan di Indonesia sejak awal tahun 2000 adalah sebagai berikut : AutoCad 2000 (Maret, th 1999); AutoCad 2000i(Juli, th 2000); AutoCad 2002 (Juni, Th. 2001); AutoCad 2004 (Maret, Th. 2003); AutoCad 2005 (Maret, Th. 2004); AutoCad 2006 (Maret, Th. 205); AutoCad 2007 (Maret, Th. 2007); AutoCad 2008 (Maret, Th. 2007); AutoCad 2009 (Maret, Th. 2008); AutoCad 2010 (Maret, Th. 2009); dan AutoCad 2011 (Maret, Th. 2010).

Software AutoCad adalah software premium yang harganya cukup mahal, versi sederhana (AutoCad LT) harganya sekitar US$900 dan versi lengkap US$4000. Jadi tidak banyak orang yang memiliki versi premium tersebut, adapun banyak digunakan orang, biasanya tidak resmi (bajakan).

Menggunaan AutoCad
Untuk dapat menggunakan AutoCad perlu belajar, para lulusan sekolah teknik, atau insinyur teknik mendapatkannya sewaktu belajar. Sedangkan bagi orang awam untuk dapat menggunakan AutoCad ada yang melalui kursus, atau belajar mandiri (autodidak) dengan cara membeli buku paket lengkap belajar AutoCad.

Dengan adanya software AutoCad sangat membantu sekali bagi proyek-proyek pembangunan fisik konstruksi, baik instansi di pemerintah maupun swasta, sebab dengan kehadiran software AutoCad..para arsitek dan perencana konstruksi dapat lebih cepat dan lebih mudah dalam mengerjakan proyek-proyek gambar perencanaan konstruksi.

Itulah yang dapat saya sampaikan tentang software gambar AutoCad sebagai software yang sangat populer di dunia termasuk di Indonesia yang mulai ramai menggunakannya sejak awal tahun 2000-an sampai sekarang. Semoga apa yang telah saya sampaikan di atas dapat menambah wawasan Anda! [Sumber Bacaan: http://id.wikipedia.org/wiki/AutoCAD]



Entri Populer