Tips Merawat Kebersihan Rumah

Merawat kebersihan rumah adalah melakukan pekerjaan bagian-bagian dari rumah agar bersih dari kotoran-kotoran yang menempel, intinya seperti itu. Ada pepatah yang mengatakan bahwa "kebersihan adalah pangkal kesehatan", slogan tersebut memang benar sekali, tapi pengertiannya masih besifat umum. Bisa untuk kebersihan badan, kebersihan lingkungan, kebersihan kantor, kebersihan rumah, dan sebagainya.

Berbicara mengenai kebersihan rumah, umumnya setiap orang tahu bahwa rumah itu harus bersih dan harus dirawat, tapi belum tentu semua orang mengetahui cara-cara merawat rumah yang baik. Merawat kebersihan rumah bukan hanya menyapu lantai dan mengepel, tetapi lebih dari itu. Merawat rumah adalah membersihkan seluruh bagian rumah  mulai dari lantai, halaman, drainase sampai bagian atap rumah. Perawatan rumah bisa dikelompokan menjadi 3 bagian, yaitu bagian lantai, bagian dinding, dan bagian plapond.

Bagian bawah
Bagian bawah terdiri dari lantai bagian dalam rumah, lantai kamar mandi/toilet, lantai teras, halaman, saluran air kotor. Melakukan kebersihan rumah bagian bawah semestinya dilakukan setiap hari dengan cara menyapu dan mengepel lantai, menyapu halaman dari kotoran dedaunan kering. Drainase ada yang menggunakan PVC dan ada yang terbuka, itu perlu dirawat agar tidak ada kotoran atau sampah yang menyumbat, bisa dilakukan secara berkala seminggu sekali atau dua minggu sekali tergantung pada keadaan.

Menyapu lantai rumah bisa dilakukan sehari 2 kali atau 1 kali tergantung situasi. Kalau punya anak kecil biasanya lantai susah untuk bersih sebab anak kecil tau sendiri seperti itu. Kebersihan lantai kamar mandi sebaiknya setiap hari disikat, sebab bekas deterjen yang menempel bisa menyebabkan lantai menjadi licin dam membahayakan orang bisa terpeleset jatuh.

Bagian dinding
Kebersihan bagian dinding terdiri dari dinding itu sendiri, kemudian kusen, daun pintu, dan daun jendela. Kotoran berupa debu biasanya menempel pada bagian kusen yang permukaannya menghadap ke atas. Untuk melakukan kebersihan bagian dinding bisa diatur secara rutin, Anda bisa mempelajarinya berapa hari kusen rumah Anda mulai banyak debu, sebab setiap rumah akan berbeda tergantung dari letak rumah, apakah di pinggir jalan ramai atau di tempat yang tidak dilalui kendaraan.

Bagian atas
Kebersihan bagian atas terdiri dari kebersihan plapond dan talang atap. Apabila atap rumah Anda menggunakan atap dengan talang plat beton, maka pada lubang pembuangan air hujan jangan sampai ada kotoran yang menyumbat. Pada plapond cukup beberapa bulan sekali membersihkannya dengan rakbol, biasanya ada sarang laba-laba, kalau debu sepertinya tidak begitu menempel, kecuali plapond dapur sebab ada asap dapur yang mengandung minyak.
Dengan melakukan 3 point tips merawat kebersihan di atas, maka rumah Anda akan terlihat bersih dan rapi, serta akan membuat semua penghuni rumah sehat, bugar jauh dari penyakit. Semoga bermanfaat!



Entri Populer