Merancang Rumah Minimalis Sejuk Tanpa AC

Rumah yang hunian yang nyaman dan sejuk tanpa pendingin AC akan membuat semua penghuni rumah merasa betah tinggal di rumah.Lain halnya dengan rumah yang pengab dan panas yang harus selalu menggunakan AC, selain memerlukan biaya besar untuk membayar rekening listrik, juga kurang baik untuk kesehatan. Rumah yang panas dan pengab diakibatkan oleh kurangnya sirkulasi udara, ukuran ruangan yang kecil dan tinggi dinding tembok kurang tinggi, sehingga volume ruangan tidak sesuai dengan panas yang yang masuk ke dalam ruangan melalui penutup plapond.

Rumah Minimalis Sejuk Tanpa AC

Untuk merencanakan bangunan rumah yang sejuk tanpa pendingin AC ada beberapa komponen bangunan yang perlu dirancang dengan konstruksi sebagai berikut.
  1. mempertinggi dinding tembok dari ketinggian standard 3 meter menjadi 4 meter, tujuannya adalah untuk menambah volume ruangan untuk mengurangi udara panas yang berasal dari ruang plafond.
  2. membuat jendela dengan ukuran lebih besar
  3. membuat ventilasi di atas jendela model lama, dengan jelusi papan kayu.
  4. ruang tamu, ruang keluarga, dan ruang makan jangan dibatasi oleh dinding tembok (blank).
  5. ada ruang terbuka di bagian belakang rumah dan setiap ruangan yang menghadap ruang terbuka harus dipasang jendela berukuran besar.
  6. kemiringan atap 35%, agar tiang kuda-kuda menjadi lebih tinggi, sehingga volume ruang atap menjadi lebih besar untuk menyerap panas dari permukaan penutup atap..
  7. pilih tutup atap yang tidak terlalu menyerap panas, misalnya dari bahan tanah atau keramik.
  8. buat ventilasi atap yang cukup pada tembok sofi-sofi.
Itulah cara merancang bangunan rumah minimalis yang sejuk tanpa AC. Semoga bermanfaat!



Entri Populer