Tips Memilih Bahan Material untuk Penutup Plafond

Apabila Anda sedang atau akan merencanakan membangun sebuah rumah, salah satu hal yang perlu dipertimbangkan adalah memilih bahan material bangunan untuk penutup langit-langit atau plafond. Kadang-kadang banyak orang yang belum tahu dalam memilih bahan material tersebut, asal suka, asal mengikuti orang lain atau yang sedang ramai digunakan. Untuk memilih bahan material penutup langit-langit perlu memperhatikan penutup atap yang digunakan, sebab setiap jenis penutup memiliki kerapatan yang berbeda. Seperti halnya memasang penutup atap genting bakar dibandingkan dengan genting keramik atau genting beton, maka ketiga jenis penutup atap memiliki tingkat kerapatan yang berbeda. Genting beton memiliki kerapatan yang sangat baik, disusul genting keramik, yang kemudian genting bakar.

bahan material penutup plafond

Untuk penutup atap yang memiliki kerapatan tinggi, seperti genting beton, dak beton, genting metal, asbes, maka kita bisa memnggunakan penutup langit-langit dari jenis semua bahan yang Anda sukai. Khusus untuk aqoustik sebaiknya digunakan pada langit-langit yang tidak menerima panas langsung, dan lebih cocok dipasang pada langit-langit lantai 1 jika rumah Anda 2 lantai. Untuk jenis tutup plafond lainnya seperti GRC, gypsum, tripleks, dll. bebas digunakan.

Sedangkan untuk rumah yang menggunakan penutup atap yang memiliki kerapatan kurang, sperti genting bakar plentong, morando, dll., maka tutup plafond yang cocok adalah yang tahan cipratan air, yaitu tutup plafond yang behan bakunya semen, sperti jabesmen, atau GRC.

Kira-kira seperti itulah cara memilih bahan material penutup plafond rumah. Dengan mengetahui hal tersebut, maka Anda tidak akan salah pilih nantinya. Semoga bermanfaat!



Entri Populer